Senin, 23 September 2013

Penemuan Neuron Cermin dan Contohnya dalam Kehidupan


CINTHYA MERDEKAWATY

101301111


            Seperti dalam buku Learning and Instruction karangan Gredler, riset pada manusia mengindikasikan bahwa otak manusia memiliki lebih dari satu sistem neuron yang khusus memahami tindakan orang lain dan niat serta emosi mereka.

            Pertama, neuron cermin diaktifkan oleh pengamatan dan pelaksanaan tindakan, tetapi tidak oleh pengamatan objek saja. Kedua, studi mengindikasikan bahwa neuron cermin menyala saat merespon baik melalui tindakan maupun suara. Ketiga, neuron cermin diaktifkan baik oleh video yang memperlihatkan tindakan maupun video yang memperlihatkan suatu “niat” akan melakukan sesuatu. Keempat, studi mengindikasikan aktivasi neuron cermin terlihat saat subjek melihat tayangan klip video orang yang mengekspresikan rasa senang atau tidak senang, atau mengekspresikan emosi apapun yang mereka rasakan.

            Dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak sadar kita telah melakukan seperti pada riset diatas. Misalnya saja pengalaman saya belajar memasak. Seperti pada riset pertama, ketika saya belajar mengiris bawang secara benar, saya tidak hanya mengamati bawang dan pisau yang saat itu akan saya gunakan sebagai objek, tetapi saya melihat dan mengamati bagaimana ibu saya mengiris bawang yang selanjutnya saya tiru. Kedua, misalnya saat saya hendak menggoreng sesuatu, saya belajar bagaimana menggoreng yang benar tidak hanya melalui pengamatan saya kepada tindakan, tetapi juga melalui suara. Ketika saya hendak menggoreng sesuatu, apabila muncul suara ibu saya mengatakan, “apinya kebesaran”, maka saat itu neuron cermin menyala dan menimbulkan respon, misalnya saya mengecilkan apinya. Ketiga, ketika saya belajar memasak, aktivasi neuron cermin juga terjadi ketika melihat suatu tayangan video. Saya sering menonton acara memasak yang disiarkan di televisi. Melalui video tersebut, saya belajar memahami dan meniru bagaimana cara memasak yang benar. Hal ini juga berhubungan dengan riset yang keempat. Ketika tayangan video dari televisi menayangkan ekspresi yang ditimbulkan oleh model dalam video, hal itu juga membuat aktivasi neuron cermin terjadi. Misalnya ketika masakan telah selesai, ekspresi yang ditimbulkan oleh model dalam video juga memancing saya dalam menilai masakan tersebut. Walaupun saya tidak dapat secara langsung merasakan masakan tersebut, ketika saya melihat ekspresi senang yang ditunjukkan oleh model, saya merasa bahwa masakan tersebut enak. hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar