Senin, 14 Maret 2011

Pendapat mengenai perkuliahan pada tanggal 8 Maret 2011

Pada kesempatan kuliah ini, dosen pengampu memperkenalkan satu informasi baru yang luar biasa yaitu Johari Windows, yang memang belum pernah saya dengar sebelumnya.

Pada kesempatan ini kami juga menggunakan teknik belajar learned-centered. Kami(saya dan kelompok) menilai sifat satu sama lain. Dan setelah itu, kami membahasnya menggunakan teori psikologi dan motivasi terkait.

Kami, membahasnya menggunakan 2 teori, yaitu Teori Piaget dan Pendekatan Behaviorisme.
Dalam teori Piaget ini, terjadi prosen yang disebut akomodasi, yaitu suatu proses mental yang terjadi ketika anak menyesuaikan diri dengan informasi baru. Dalam teori Piaget ini, ada satu hal yang penting, yaitu skema. Skema adalah sebuah konsep atau kerangka yang eksis di dalam pikiran seseorang yang dipakai untuk mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi. Kami menggunakan teori ini karena sebelum kita menilai sifat seseorang, pasti sudah tertanam suatu skema mengenai orang tersebut. Dan saat kita menilainya, pasti sudah ada terjadi proses akomodasi antara kita dan orang tersebut. Saat kita menyesuaikan diri dengan orang tersebut, maka kita dapat menilai sifat-sifatnya dan membuktikan skema kita terhadap orang tersebut.

Pendekatan Behaviorisme adalah suatu pandangan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diobservasi. Pendekataan Behaviorisem ini digunakan saat memandang sifat seseorang dari perilaku yang ditunjukkannya, bukan dari proses mentalnya. Jadi, saat kita menilai sifat orang lain, kita menilai dari perilaku-perilaku yang tampak dan dapat dilihat secara langsung, bukan dari proses mentalnya, yaitu pikiran, perasaan, dan motif yang tak dapat diobservasi oleh orang lain.



DAFTAR PUSTAKA
Santrock.,J.W.2008.Pikologi Pendidikan Edisi Kedua.Jakarta:Prenada Media Group

Tidak ada komentar:

Posting Komentar