Instruksi langung hanya terfokus pada aktivitas akademik mmurid. Seperti pemberian arahan dan kontrol oleh guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, memaksimalisasi waktu yang dihabiskkan murid untuk tugas-tugas akademik, dan usaha guru untuk meminimalkan pengaruh-pengaruh negatif terhadap murid.
Sedangkan materi-materi non-akademik seperti game dan teka-teki, tidak terlalu diperhatikan dan cenderung tidak dipakai. Interaksi antar murid dan guru seperti percakapan atau perhatian tentang diri atau pribadi, juga tidak begitu ditekankan.
Padahal, hal-hal seperti itu juga dapat membantu meningkatkan prestasi murid. Tentu saja game dan teka-teki yang digunakan adalah game dan teka-teki yang beredukasi dan tidak menimbulkan pengaruh-pengaruh negatif terhadap murid.
Jadi, menurut saya, tidak terlalu efektif penggunaan instruksi langsung diterapkan dalam pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Santrock.,J.W.2008.Pikologi Pendidikan Edisi Kedua.Jakarta:Prenada Media Group
Tidak ada komentar:
Posting Komentar